DI JOGJA, MASJID MENJADI TEMPAT ASYIK BUAT NGABUBURIT (2)

Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta

Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta

Tahun lalu saya sudah menulis catatan tentang safari Masjid yang ada di Jogja selama Ramadhan. Ini nih linknya . Kali ini akan menulis tentang itu juga, tidak jauh berbeda sih sama yang dulu. Cuma kali ini gak akan membahas makanannya, karena kurang indah menurutku, hehe.

Catatan ini dibuat atas pengalaman saya Ngabuburit di beberapa Masjid yang ada di Yogyakarta pada tahun 2014. Ngabuburit sendiri artinya menunggu waktu berbuka, bener gak sih?katanya sih begitu. Nah menunggu waktu berbuka sebaiknya dilakukan dengan hal-hal baik juga, hehe.

  1. Masjid Nurul Ashri
    Masjid Nurul Ashri ini terletak di daerah Deresan, deket jalan gejayan, deket teknik UNY juga. Kalau dari perempatan teknik UNY ke utara terus saja gak jauh dari situ ada Masjid Nurul Ashri sebelah timur jalan, pojok pertigaan Jl. Deresan 2. Ini salah satu masjid favorit saya, selalu saja ada kegiatan/kajian di setiap harinya walaupun bukan bulan Ramadhan. Biasanya Kajian di sini mulai sekitar pukul 16.00 . Kajiannya pun tematik, setiap hari berbeda.  
  2. Masjid Gedhe Kauman
    Masjid Gedhe Kauman atau Masjid Raya Yogyakarta atau Masjid Keraton terletak di wilayah keraton Yogyakarta atau alun – alun utara kota Yogyakarta. Masjid ini selalu ramai, karena letaknya juga strategis di tengah kota dan berdekatan dengan daerah wisata. Tidak hanya orang lokal saja, bahkan turis mancanegara pun ikut partisipasi di sekitar masjid tersebut.
    Kajian sebelum berbuka biasanya dimulai pukul 16.30 . Diusahakan datang lebih cepat supaya dapat tempat duduk yang diinginkan dan fokus mendengarkan kajiannya. Ketika baru datang nanti langsung ambil menu berbuka, lalu memilih tempat duduk untuk mendengarkan kajian.
  3. Masjid Syuhada
    Masjid Syuhada terletak di Kota Baru, Yogyakarta. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang bersejarah di Republik Indonesia. Pada waktu itu saya datang ke Masjid Syuhada sekitar pukul 16.00, saya tunggu sampai pukul 17.00 kok masjid ini sepi aja, gak ada kajian. Sampai akhirnya menjelang waktu berbuka, barulah ramai berdatangan warga ke masjid ini, sampai bingung dan bengong,hehe. Ternyata gak ada kajiannya ya, tapi langsung mendapatkan menu berbuka puasa.
  4. Masjid Jogokaryan
    Masjid Jogokaryan terletak di daerah Jl. Jogokaryan, Yogyakarta. Untuk menuju ke daerah tersebut, lewat Jl. Parangtritis saja, tepatnya pombensin Jl. Parangtrits, nanti di sebelah (utara) pombensin itu ada Jl. Jogokaryan, masuk saja jalan tersebut ke arah barat sampai menemukan masjid Jogokaryan. Waktu itu saya ke masjid Jogokaryan sekitar pukul 16.00 , tapi masjid masih sepi. Sampai pukul 17.00 barulah mulai kajian, sampai waktu maghrib datang dan mendapatkan menu berbuka gratis, hehe
  5. Masjid Kampus UGM
    Masjid Kampus UGM terletak di area Kampus UGM. Sepanjang jalanan depan masjin pun mendadak ramai banyaknya para mahasiswa maupun warga yang berjualan menu berbuka. Masjid kampus UGM pun tak kalah ramai. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, bisa sambil mengikuti kajian berbuka puasa. Biasanya kajian dimulai sekitar pukul 16.30. Ketika waktu berbuka datang, banyak juga yang antre, meskipun gak ikut kajian. hehe ya gak papa juga kaliiii. haha
  6. Masjid Mardliyah UGM
    Masjid Mardlliyah UGM terletak di selatan RS Sardjito. Memang kalau dari jalan tidak terlihat jelas kalau ada bangunan masjid. Masjid ini terletak di belakang Shelter Trans Jogja, sebelah barat. Untuk Kajian biasanya pukul 16.30 sudah dimulai. Untuk menu berbuka yang tak pernah ketinggalan segelas susu, katanya sih begitu. Karena saya gak setiap hari ke masjid Mardliyah, hehe. 

Itulah beberapa masjid yang saya jadikan untuk tempat ngabuburit selama Ramadhan 2014, hehe. Untuk menambah ilmu agama islam, ikut kajian ini sangat bermanfaat. Sedikit demi sedikit ada ilmu yang masuk. Selain itu tentu saja dapat hidangan berbuka gratis. 🙂

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

Advertisements

One thought on “DI JOGJA, MASJID MENJADI TEMPAT ASYIK BUAT NGABUBURIT (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s