Di Jogja, Masjid menjadi tempat asyik buat Ngabuburit

Masjid Nurul Ashri, Deresan

Masjid Nurul Ashri, Deresan

 Anak rantauan yang kos terus pas puasa itu memang rasanya hmmmhh, ngek ngookk… Jauh dari keluarga, pengen makan ini itu makanan khas ramadhan, bisa jadi pengeluaran bengkak haha. Untuk mensiasati hal ini caranya adalah nyari yang gratisan saja hehe. Emang ada gituh nyari yang gratisan?Harus ada!haha maksa!

Tahun 2013 lalu saya mencoba safari masjid yang ada di Jogja. Lumayan lah ngirit uang saku hehe. Yap berikut ini kucoba jabarkan masjid yang pernah kudatengin buat ngabuburit:

1. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman atau Masjid Raya Yogyakarta atau Masjid Keraton terletak di wilayah keraton Yogyakarta atau alun – alun utara kota Yogyakarta. Katanya sih di masjid ini untuk menu berbuka ada menu gulai kambing khusus pada hari kamis, tapi waktu itu saya datang selain hari kamis jadi gak dapat menu tersebut, tapi Alhamdulillah dapet gratisan dengan menu yang tak kalah enak hehe. Waktu itu ke situ bersama teman, ada yang dapat ayam, telor, nasi padang. Alhamdulillah. Jadi pertama kali datang langsung dapat segelas teh manis dan seporsi makanan, lalu memilih tempat duduk yang nyaman sambil mendengarkan kajian menjelang berbuka.

2. Masjid Nurul Ashri, Deresan

Masjid Nurul Ashri ini terletak di daerah Deresan, deket jalan gejayan, deket teknik UNY juga. Kalau dari teknik UNY ke utara terusss gk jauh dari situ ada Masjid Nurul Ashri. Ini salah satu masjid favorit saya, selalu saja ada kegiatan/kajian di setiap harinya walaupun bukan bulan Ramadhan. Untuk menunya, hmm waktu itu sih telur, hehe Alhamdulillah, tapi kajiannya menarik – menarik. Setelah kajian selesai baru dibagikan menu berbuka.

3.Masjid Kampus UGM 

Masjid Kampus UGM merupakah salah satu masjid kampus di Jogja yang terkenal, dan mudah diakses. Di sini juga menyediakan menu buka gratis untuk umum, bukan hanya untuk mahasiswa saja. Menu yang disediakan seporsi makanan dan segelas teh manis. Waktu itu menunya sih telur karena gak ikut kajian. Kalo ikut kajian dapat menu yang berbeda, waktu itu dapat ayam. Jadi setelah kajian selesai, maka jamaah langsung dibagikan makanan tersebut tanpa harus antri. Kalo tidak ikut kajian nanti ambil sendiri dan berebut dengan yang lainnya.

4. Masjid Mardlliyah UGM

Masjid Mardlliyah UGM terletak di selatan RS Sardjito. Memang kalau dari jalan tidak terlihat jelas kalau ada bangunan masjid. Masjid ini terletak di belakang Shelter Trans Jogja, sebelah barat. Menu yang disajikaan pada waktu itu ayam, kurma 3 biji, segelas susu dan buah. Ketika menjelang berbuka, jamaah duduk sebaris – sebaris sejajar, lalu akan disajikan menu yang sudah saya sebutkan tadi.  Alangkah baiknya datang untuk mengikuti kajian terlebih dahulu.

5. Masjid Nurul Islam

Masjid Nurul Islam terletak agak menyempil masuk gang. Hmmh gimana ya njelasinnya, agak lupa juga, hehe. Pokoknya sekitar jalan kaliuran KM 5,5 ,kalo dari arah selatan menuju kaliurang berarti kiri jalan, nanti deket Pizza Hut kalo gk salah ada gang kecil belok kiri masuk saja mentok, nanti ketemu masjid Nurul Islam. Menunya juga tak kalah nikmat, waktu itu sih saya dapet ayam kremes Olive bukan promosi,hehe , kurma dan segelas teh manis. Ada juga yang dapat nasi padang. Ketika waktu menjelang berbuka, jamaah duduk per shaff lau akan dibagikan menu tersebut.

6. Masjid Ulil Albab (Masjid Kampus UII)

Masjid Ulil Albab, masjid kampusku yang kucintai, halah  merupakan masjid kampus UII yang terletak di jalan Kaliurang KM 14,5 . Yaaa jauh kalo dari jogja bawah, hehe. Tapi saya suka dengan pembagian menu berbuka di masjid ini. Jadi ketika waktu menjelang berbuka, jamaah mengambil sendiri menu berbuka awal. Menu berbuka awal ini berupa makanan/minuman, waktu itu saya dapatnya es jus, es buah dan snack. Setelah berbuka lalu sholat maghrib berjamaah. Setelah sholat maghrib selesai dilanjutkan makan utama. Makanan utamanya ayam waktu itu. Ini merupakan hal yang menarik bagi saya, jadi berbuka puasa dengan yang ringan dulu dilanjut sholat maghrib berjamaah dan terakhir baru makan besar.

Kurang lebih masjid – masjid tersebut yang pernah saya kunjungi selama Ramadhan tahun 2013. Namun untuk Jogja sendiri banyak kok masjid yang menyediakan menu berbuka gratis. Tapi alangkah indah, alangkah baiknya jika datang ke masjid untuk mengikuti kajian menjelang berbuka puasa terlebih dahulu, untuk menambah wawasan agama serta menambah pahala, Insya Allah, hehe.

Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan

Advertisements

6 thoughts on “Di Jogja, Masjid menjadi tempat asyik buat Ngabuburit

  1. nice! bisa jadi referensi kalau mau “ngadem” di masjid-masjid di jogja. saya juga paling senang ke masjid, apalagi kalau masjid tersebut bersejarah atau termasuk situs heritage 🙂

  2. uda pernah mampir ke semua masjidnya kecuali masjid mardliyah ugm.
    kangen jogja dan isinya.

  3. Pingback: bowbono | DI JOGJA, MASJID MENJADI TEMPAT ASYIK BUAT NGABUBURIT (2)

  4. kebetulan minggu depan ada jadwal ke jogja mau wisata masjid , terimakasih refrensinya kawan .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s