Bikin Gudeg Jogja, ala saya

Yep, berawal dari sisa telur mentah satu kiloan yang ditinggalkan ibu saya waktu berkunjung ke Jogja, gak punya kulkas juga, bingung mau diolah apa ini telur. Mulai mencari resep apa yang kira – kira enak dan masakan bertelur ini awet, dan tidak harus habis dalam saat itu. Akhirnya diputuskan untuk membuat Gudeg Jogja. Sebagai orang Tegal bingung deh mau bikin Gudeg Jogja yang khas dengan manisnya, sedangkan gudeg ala Tegal gurih eh itu gudeg bukan ya kok gurih . Mulai deh mencari – cari resep deh di internet, dari berbagai sumber saya mendapatkan beberapa macam resep yang agak berbeda satu sama lainnya. dan akhirnya saya rangkum saya gabungkan saya satukan saya akhiri dengan resep ala saya dengan sumber berbagai resep yang ada … halah ngomong opo toh,haha

Bahan:

bahan dan bumbu gudeg

bahan dan bumbu gudeg

  • Nangka Muda 1/2 kg (waktu beli beli sih tiga rebu aja)
  • Telur Ayam 1 kg (direbus dulu ya, terus dikupas kulitnya)
  • Daun Jati 5 lembar
  • Daun Salam 5 lembar
  • Laos (seukuran jempol tangan masing2 😀 , terus digeprek)
  • Gula Merah 200 gram (atau menyesuaikan)
  • Santan 600 ml (diambil dari satu butir kelapa)
  • Air putih

Bumbu Halus:

  • Bawang Merah 10 butir
  • Bawang Putih 6 butir
  • Kemiri 5 butir
  • Ketumbar 2,5 sendok makan
  • terasi 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok makan (atau menyesuaikan)

Cara Membuat:

  • Cuci semua bahan
  • Siapkan panci yang agak besar, kemudian masukkan daun jati ke dalam panci pada lapisan paling bawah, masukkan nangka muda, lalu tambahkan air sampai air berada di atas nangka, dan rebus sampai mendidihdengan api sedang.
  • Setelah mendidih kurang lebih setengah jam, masukkan laos, daun salam dan bumbu halus.
  • Ketika air mulai menyusut, masukkan santan, gula merah dan garam serta telur, aduk secara perlahan supaya tidak hancur.
  • Cicipi terlebih dahulu rasanya, apakah kurang manis atau kurang asin.
  • Ketika air hampir menyusut, kecilkan api, supaya rasa lebih menyerap dan tidak gosong.
  • Yep, jadilah Gudeg Jogja ala saya , selamat mencoba 🙂
Gudeg Jogja ala saya :)

Gudeg Jogja ala saya 🙂

catatan:

Waktu itu saya menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam untuk membuat gudeg ini.
Fungsi daun jati adalah untuk memberikan warna merah tua serta aroma khas yang mempesona
Resep ini bisa dimodifikasi sesuai kemauan, keinginan sendiri…
happy cooking n eating 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Bikin Gudeg Jogja, ala saya

  1. yaampun pake terasi toh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s