Prosedur Membuat SKCK (daerah kabupaten Tegal)

halo semua, sekarang saya mau berbagi pengalaman aja dalam membuat (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) . Yaaa SKCK ini biasanya dibutuhkan oleh para pelamar kerja, baik untuk melamar CPNS atau lainnya. Berhubung saya berlokasi di kabupaten Tegal,jd ini saya buat di POLRES Tegal, berikut ini syarat untuk membuat SKCK :

    1.Minta Surat Pengantar dari desa/kelurahan untuk membuat SKCK
    2.Setelah itu minta surat rekomendasi dari Polsek setempat
    3.Fotocopy KTP + KK + Akte Lahir
    4.Kartu Sidik Jari
    5.Foto 4×6 background merah (6 lembar)
    6.Stopmap Warna Merah

Kemudian berikut ini alur dalam membuat SKCK di Polres Tegal:

  • Membuat Kartu Sidik Jari
    kalau belum ada kartu sidik jari, bikin aja ke Polres setempat, tanya aja bikin kartu sidik jari. Nanti disuruh isi formulir,dan tunggu aja gak lama jg jadi. Waktu itu saya buat kartu sidik jari dikenakan biaya 10ribu plus foto 3×4 berwarna 1lembar. Kartu ini disimpan baik2 ya bisa dipakai lagi.
  • Setelah kartu sidik jari sudah jadi, baru deh ke bagian SKCK dengan membawa persyaratan yang sudah saya sebutkan tadi, dan dimasukkan ke dalam map merah. Map merah tersebut diberi nama Pembuat, serta tujuan membuat SKCK untuk apa. Apakah skck untuk melamar pekerjaan umum atau persyaratan CPNS, karena fungsinya berbeda.
  • Di bagian SKCK saya menyerahkan map merah tersebut ke bagian operator untuk dicek kelengkapannya, lalu tunggu beberapa saat. Tak lama kemudian nama saya dipanggil dan diberi blanko/formulir untuk diisi. Setelah blanko tersebut sudah saya isi, lalu saya masukkan ke dalam map merah tersebut dan menyerahkan kembali ke operator.
  • Setelah itu operator bilang kapan waktu jadi SKCK itu. Kalau tidak ada halangan seperti tidak ramai/antri, atau kehaisan blanko, biasanya siang hari sudah jadi. Atau besoknya baru bisa jadi.
  • Kebetulan waktu itu saya datang agak siang dan sudah ramai jadi keesokan hari baru bisa diambil. Mengambil SKCK dengan menunjukkan KTP, dan dikenakan biaya administrasi sebesar 10 ribu.
  • Setelah SKCK jadi, lalu saya menandatangani SKCK tersebut dan tandatangannya harus mengena di atas foto. Setelah itu saya langsung memfotocopy SKCK asli tersebut untuk dilegalisir sebanyak 5 lembar (sesuai permintaan operator). Lalu diserahkan kembali untuk dilegalisir.

yappp dan SKCK pun sudah jadi, sudah di tangan. Simpan baik – baik SKCK asli maupun legalisirannya, serta kartu sidik jarinya juga disimpan.
Masa berlaku SKCK ini 6bulan. Setelah 6 bulan habis, maka SKCK dapat diperpanjang.

Saran dari saya, persiapkan secara matang persyaratan yang dibutuhkan sebelum sampai di Polres, karena pada saat saya membuat SKCK masih banyak orang yang kebingungan mengenai syarat dan cara pembuatan. Lalu datanglah lebih awal supaya dapat antrian awal pula.
Oiya kalau mau ke Polres pakai pakaian rapi dan celana panjang ya, kalau tidak begitu nanti tidak diperbolehkan masuk,hehe…
sekian semoga bermanfaat,
🙂

7 thoughts on “Prosedur Membuat SKCK (daerah kabupaten Tegal)

  1. Mau tanya pak… petugas pembuatan SKCK hari Sabtu ada gk ya…

  2. Hallo kak, mo Tanya apa beda ya klo buat skck untuk visa, (PR) kbtulan saya mo bikin skck untuk PR(Permanen resident di Australia, ato sebaik nya sya jngan bilang mo buat skck untk PR, mngkin bilang untuk Visa Australia saja x ya, tkut g di boleh in, ap beda nya si ka skck buat karna Sm skck yg lain, trimakasih

    • koq ga di bales ya bro? saya jg butuh infonya ni, untuk membuat visa kerja di timor leste, apakah bisa pakai skck polres atau harus ke mabes? thx

    • wah maaf kak kurang tau saya, saya buat untuk kebutuhan mencari pekerjaan. tapi kalau untuk skala nasional biasanya memang harus dr polres alamat ktp kita.

Leave a Reply

